Travel

DSL Travel Expert Sediakan Ticket Penerbangan Internasional, Raih Penghargaan Dari Sejumlah Maskapai

61
×

DSL Travel Expert Sediakan Ticket Penerbangan Internasional, Raih Penghargaan Dari Sejumlah Maskapai

Share this article

Timredaksi.com, Jakarta – DSL Travel Expert yang telah berdiri sejak Oktober 2015 kini sukses meraih penghargaan dari sejumlah maskapai penerbangan besar.

Direktur Utama DSL Travel Expert Doni Usman menjelaskan, sejak berdiri di tahun 2015, DSL Travel Expert menyediakan layanan pembelian ticket pesawat internasional untuk perorangan maupun group. Banyaknya penjualan yang dilakukan oleh DSL Travel Expert, membuatnya banyak mendapatkan penghargaan dari beberapa maskapai penerbangan.

Diakuinya, penghargaan yang diperolehnya berkat dari pengalaman terjun dalam bisnis ini selama hampir 32 tahun sampai saat ini.

“Pengalaman saya 16 tahun di penerbangan dengan berbagai maskapai dan agen perjalanan di seluruh dunia, seperti Singapore Airlines, British Airways, Kuwait Airways dan Lufthansa City Center. British Airways itu adalah kiblat penerbangan internasional yang ada di London. Waktu di British Airways itu adalah masa-masa golden time buat saya, ” terang Doni Usman, saat diwawancara media di kantor DSL Travel, Ruko Darmawangsa Square No 29, Jl. Darmawangsa VI Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selama hampir dua tahun berada di British Airways, Doni Usman belajar mengenai reservasi, tiketing, airport dan sales. Di tahun 2000, Pria yang menjabat sebagai Chairman Astindo Jakarta Chapter berfikir untuk mencoba sesuatu yang baru hingga memutuskan untuk masuk ke Kuwait Airways.

“Di Kuwait Airways saya ditawarkan sebagai Tiketing Manager tapi saya tolak karena passion saya adalah sales. Alhamdulillah diberikan kepercayan sebagai sales executive, dan dalam waktu dua tahun penjualan kenceng. Kata bos saya biasanya Kuwait Airways yang ngisi TKI bisa dirubah menjadi untuk umrah haji dan leisure. Dan dalam waktu kurang dari 3 tahun dipromosikan menjadi passenger sales manager. dalam masa 7 tahun saya di Kuwait Airways penjualan naik sangat sigbikan dan posisi terakhir saya sebagai GSA Manager,” kenangnya.

Setelah resign dari Kuwait Airways, Doni Usman masuk ke Abbey Travel dengan menduduki posisi sebagai Branch Manager. Dan tahun 2009 Abbey Travel bergabung dengan Lufthansa City Center yang membersnya ada sekitar 660 travel agent di seluruh dunia.

Baca Juga  Mengapa Sertifikasi IATA Penting bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dan Biro Perjalanan Wisata?

Dalam waktu 2 tahun, Doni Usman dipromosikan menjadi Group Sales Manager untuk holding company PT Arah Restu Sejati, yang anak Perusahaannya antara lain Gulf Air, Kuwait Airways, Royal Brunai Airlines, Scandinavian Air System (SAS), Abbey Travel dan Best Western Marketing Office.

“Bayangkan saja, waktu itu orang Airways harus pindah ke Travel agen. Biasanya jual satu produk, sedangkan di travel harus jual puluhan bahkan ratusan produk,” ujarnya.

Namun Doni mempunyai keyakinan bahwa imposible is nothing, tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau mencoba dan berusaha pasti ada jalan.

Selama tiga bulan mempelajari travel agen, akhirnya Doni menemukan cara untuk mendongkrak penjualan hingga penjualan naik menjadi 13 kali lipat dalam waktu 8 tahun.

“Saya switch bisnis ini dari B to C atau dari Bisnis to Customer menjadi B to B atau bisnis to bisnis. Jadi volumenya membesar karena semua Travel agen kita supply,” ujarnya.

Dari hasil penjualan yang banyak, Doni mendapatkan penghargaan dari sejumlah maskapai.

“Sampai saya mendapatkan predikat terbaik Etihad tahun 2013 nomo 2, tahun 2014 nomor 1 dan tahun 2015 nomor 1. Dan masuk top ten di Qatar Airways, Emirates, Oman Air, Malaysia Airlines dan Royal Brunai Airlines pada saat itu,”ucapnya.

Di tahun 2015, Doni Usman bersama partner mendirikan DSL Travel Expert, hal ini berbekal pengalamannya dalam beberapa Airlines yang selama ini ia miliki. Iapun mendapatkan saham kepemilikan sebesar 40 persen.

“Alhamdulillah di tahun pertama langsung mendapatkan nomor 1 di Etihad. Bahkan hingga 4 tahun berturut-turut mendapatkan nomor 1 di Etihad. Top 5 di Oman Air, Qatar Airways dan Top 10 di Emirates,” sambungnya.

Di tahun 2020 saat pandemi Covid-19, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam bisnis Tour and Travel. Namun tidak bagi Doni bersama DSL Travel Expert. Menurutnya, Doni mendapatkan keberkahan dari pandemi, bahkan mendapatkan hasil yang cukup besar.

Baca Juga  Demi Kenyamanan Jemaah Haji, Maskapai Diminta Kooperatif, Informatif, dan Solutif

“Alhamdulillah bagi saya bukan suatu musibah, bagi saya berkah meskipun saya kena covid tiga kali. Pas ada covid saya take over seluruh saham DSL Travel Expert sehingga sekarang sepenuhnya kepemilikan ada di saya sebagai pemilik tunggal,” terangnya.

Menurut Doni, pada saat pandemi corona, berbekal pengalaman dan insting kuat, dengan modal uang yang nyangkut di airlines pada september 2020, dia melakukan blocks seats sejumlah hampir 1000 seats untuk tujuan Turki yang masih dibuka selama covid dan menjualnya ke travel agent dan pemain open trip (online).

“Saya tahu kejadian ini Airlines tidak mungkin mengembalikan duit refund dia pasti akan mengconvert menjadi kredit for Travel. Alhamdulillah karena insting pengalaman maka disitulah saya mendapatkan cuan,” ujarnya

Pada bulan September 2020, Ia memblocks 800 tiket Turki dan menjualnya ke travel agen.

“Alhamdulillah penjualan laku kaya kacang goreng karena tiketnya murah,”ungkapnya.

Pada tahun 2022 saat pandemi corona menurun, dirinya memblocks hampir 20,000 seats penerbangan ke Arab Saudi dalam waktu 10 bulan.

“Alhamdulillah pada saat itu umrah dibuka dan penerbangan mulai lancar sehingga blocking tiket saya laris dipasaran,”ucapnya.

Selama pandemi, diakui Doni dirinya tidak pernah memecat karyawannya, bahkan gaji karyawan tetap dibayarkan meskipun para karyawan tidak datang ke kantor karena harus mengikuti kebijakan pemerintah yang mengharuskan para karyawan kerja di rumah (Work from home).

“Pada tahun 2022-2023 DSL mendapatkan penghargaan sebagai agent nomor 1 di Etihad Airways dan Oman Airways. Di tahun 2023-2024 DSL masuk di Qatar Airways sebagai the best supporting agent dan menjadi yang terbaik di Oman dan Etihad,” ungkapnya.

Doni menceritakan tips sukses dalam menjalankan bisnis ini, menurutnya bisnis akan berjalan sukses jika amanah.

“Di Indonesia Travel and Tourism Award kita 4 tahun berturut-turut terbaik untuk Internasional Wholseler, Diendors dari Kementerian Pariwisata,” ujarnya.

Kedepan, Doni ingin mengembangkan aplikasi seperti online Booking yang bisa digunakan oleh semua Travel agen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *