FeaturedTokoh

MEREKA BISA, KENAPA KITA TIDAK BISA: KOMITMEN PEMBERANTASAN KORUPSI

368
×

MEREKA BISA, KENAPA KITA TIDAK BISA: KOMITMEN PEMBERANTASAN KORUPSI

Share this article

MEREKA BISA, KENAPA KITA TIDAK BISA: KOMITMEN PEMBERANTASAN KORUPSI

Patriawati Narendra, S.K.M., M.K.M

Pernah terpikir tidak, jika semua fasilitas umum terjamin dan tersedia dengan gratis, dari mulai public transportation yang nyaman aman, air bersih siap minum (seperti di Netherland misalnya), jalan yang mulus dan memiliki fitur cuaca yang akan memberikan tanda jika jalanan licin, hujan dan memiliki lampu penerangan yang terang serta memadai (tidak berlubang). Belum lagi tempat terbuka hijau yang bersih dan nyaman, hmmm pasti indah. Perubahan memang membutuhkan proses, dan proses membutuhkan sebuah keuletan dan kerja keras. kerja keras tak akan mudah tercapai apabila tidak conqruen, tidak satu kata, satu tujuan, istilah Jawanya “Sak Iyek Sak Eko Kapti” bersatu dalam cita dan “Sak Iyek Sak Eko Proyo” bersatu dalam karya.

Perubahan akan tercapai apabila dapat menggeser mindset (baca: pola pikir) dan paradigma (baca: kerangka berpikir), suatu cara pandang seseorang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif) yang kuno dan sangat merugikan. Apakah itu mudah tentu tidaklah mudah..apakah itu gampang? Tentu tidak gampang, akan tetapi merupakan sebuah keharusan, bahwa Bangsa ini harus maju, berbenah, dan berubah agar dapat mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pertanyaannya adalah jika bangsa-bangsa yang lain bisa, mengapa kita tidak bisa? mengapa bangsa lain sukses dengan negara terbersih dari korupsi lalu mengapa kita belum bisa? mengapa bangsa lain sukses menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dari korupsi lalu mengapa kita belum bisa?. Korupsi dan Korupsi lagi tiada henti, pengen donk seperti mereka menyandang status sebagai negara terbersih dari Korupsi, pengen donk melihat rakyat hidup adil makmur dan sejahtera, pengen donk rakyat terjamin semua kebutuhan primernya.

Boleh donk mengintip mindset mereka, vision mereka dan usaha mereka..how to make their citizen happy? gimana sih kok bisa sukses dengan menjadikan negaranya bersih dari korupsi. Dulu Jerman terpuruk dengan Nazi-nya dibawah pemerintahan Hitler atau Belanda yang terpuruk dengan badai banjir yang maha dahsyat sehingga merenggut jutaan nyawa atau Singapura negara kecil yang merdeka dari Kerajaan Inggris namun mampu menjadi negara dengan pusat keuangan terdepan nomer 4 didunia..amazing bukan?? suatu anomali dari keterpurukan, menjadikan sebuah kegagalan menjadi sebuah kesuksesan. Bagaimana dengan INDONESIA..PASTI BISA!!!!

Baca Juga  Akhmad Mujahidin Diberhentikan dari Rektor UIN Suska Riau

Berikut 10 negara yang bersih dari korupsi menurut Corruption Perception Index 2015 diambil dari 13 Survei yang berbeda dan hasil assement dari 12 institusi yang berbeda, hasil akhir CPI mengindikasikan tingkat korupsi pada sektor publik: (1). Denmark terletak di Skandinavia di Eropa Utara, berpenduduk 5.668.743 memiliki skor CPI 91. (2). Finlandia terletak di Eropa Utara, berpenduduk 5.477.359 memiliki skor CPI 90. (3). Swedia merupakan sebuah negara Nordic di Eropa Utara. Negara ini merupakan negara terluas di Uni Eropa dengan luas wilayah 450.295 KM² dan berpenduduk 9,8 juta jiwa, memiliki skor CPI 89. (4). New Zealand, berpenduduk 4,44 juta jiwa memperoleh skor 88. Hasil ini turun 3 angka dari tahun lalu yaitu 91. (5). Belanda, terletak Eropa Barat Laut, dengan 20 % wilayahnya berada di bawah permukaan dan 21% populasinya berada dibawah permukaan laut, dan 50% tanahnya kurang dari 1 meter diatas permukaan laut, memiliki skor 87 naik 4 angka dari tahun sebelumnya yaitu 83. (6). Norwegia merupakan negara Nordic di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat berpenduduk 4,9 juta jiwa memiliki skor CPI 87 naik dari tahun sebelumnya 86. (7). Swiss negara yang netral dengan populasi 8 juta jiwa, memiliki skor 86 sama seperti tahun sebelumnya. (8). Singapura Negara di Semenanjung Malaya merupakan negara pusat keuangan terdepan ke empat didunia, dengan populasi sekitar 5.535.000 jiwa, memiliki skor CPI 85. (9). Kanada, dengan populasi 35. 749.600 jiwa, memiliki skor 83. (10). Jerman, dengan populasi 82 juta jiwa, memiliki skor CPI 81.

Baca Juga  KH Hafidz Taftazani: Kemenag Boleh Saja Mengeluarkan Sertifikat, Tapi Materinya Harus Disepakati Oleh Organisasi-organisasi Besar Islam

Bagaimana dengan negara kita, menurut CPI 2015 diantara 168 negara, Indonesia berada di posisi 88 dengan skor CPI 36 atau naik 2 poin dari tahun 2014 yaitu 34, sebuah angka yang mutlak membutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, agar tingkat korupsi Indonesia berkurang dari tahun ke tahun sehingga rakyatnya dapat hidup secara adil, makmur, dan sejahtera, gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja. Segala harapan dan cita-cita menyatu yang menginginkan bahwa penegakan hukum di Indonesia tidak tumpul keatas tetapi tajam kebawah, hukum bukan merupakan produk politik akan tetapi hukum merupakan penjamin kepastian dari hak-hak rakyat, hukum yang adil dan normatif, tegas tidak berpihak setidaknya dapat menciptakan trust rakyat meningkat.

Tanamkan terus jiwa patriotisme dan nasionalisme dibenak sanubari generasi muda dan mencerdaskan masyarakat untuk cerdas dalam politik dan jeli dalam memberikan hak suaranya, cerdas dalam berpolitik tidak hanya mau dan mampu menolak semua manuver-manuver politik yang negative tetapi cerdas berpolitik memberikan sebuah prinsip kebersamaan yang mengedepankan kemaslahatan bersama daripada keuntungan pribadi dan individu.

Mari kita mulai Indonesia yang bersih dari Korupsi mulai dari diri sendiri, hari ini, jam ini dan detik ini, bahwa sesungguhnya praktek anti korupsi tersebut antara pertautan hati dan keimanan diri, bukan karena orang lain, dan bukan karena tekanan atau paksaaan. Murni tergantung bagaimana kita semua menyikapinya, mau terus korupsi atau cegah korupsi sedini mungkin!!! Sesungguhnya berfoya-foya diatas penderitaan orang lain itu kejam dan menderitakan!!! sesungguhnya dibalik foya-foya dan kebahagiaanmu terdapat tangisan dan penderitaan jiwa jiwa yang lemah, lunglai tak berdaya!!! sesungguhnya dibalik senyum licikmu terdapat tangisan perih pedih jiwa jiwa yang lapar, haus, kedinginan dan ketidakberdayaan!!! Yakinlah hidup yang berkah dan barokah adalah hidup yang diridhoi oleh Allah dan oleh sesama mahluk dimuka bumi ini…so lets make them happy and smile soon quickly..TOLAK KORUPSI..TOLAK PENDERITAAN NEGERI!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *