AgamaFeaturedNews

Walikota New York AS Distribusikan 500.000 Makanan Halal Gratis Selama Bulan Ramadan

407
×

Walikota New York AS Distribusikan 500.000 Makanan Halal Gratis Selama Bulan Ramadan

Share this article

Timredaksi.com – Walikota New York, Bill de Blasio mengatakan akan menyediakan makanan halal bagi orang muslim karena ribuan orang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi virus corona.

Dilansir dari Middle East Eye, Sabtu (25/4/20), Kota New York akan menyediakan 500.000 makanan halal gratis selama bulan Ramadan sebagai bagian dari program distribusi makanan kepada dua juta penduduk Amerika.

“Salah satu seruan paling mulia Ramadan adalah untuk memberi makan orang yang berpuasa,” kata Walikota Bill de Blasio, Kamis (23/4/20).

“Dan itu lebih sulit daripada sebelumnya karena orang tidak bisa pergi ke masjid mereka.” lanjutnya

Pada tahun-tahun sebelumnya, masjid-masjid di seluruh kota digunakan untuk menyediakan makanan gratis saat matahari terbenam ketika umat Islam akan berbuka puasa sepanjang hari dengan makanan yang dikenal sebagai buka puasa.

Namun, rumah ibadah di seluruh negeri – termasuk masjid, gereja, sinagoge, dan kuil – ditutup beberapa minggu lalu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Menurut de Blasio, sekitar 400.000 makanan halal akan didistribusikan di 32 gedung Departemen Pendidikan dan 100.000 lainnya akan dilayani melalui berbagai organisasi masyarakat selama bulan suci Ramadan.

Baca Juga  Wamenag Sesalkan Orang yang Menendang Sesajen, Ini Katanya

Sana Qutubuddin, seorang aktivis dari Aliansi untuk Keadilan dan Pertanggungjawaban di New York, memuji pihak berwenang atas tindakan tersebut, menyebutnya “bijaksana dan tulus”.

“Kota ini memahami kontribusi Muslim terhadap kota dan itu adalah pengakuan bahwa komunitas Black dan Brown dan Muslim di kota tersebut telah terkena dampak virus secara tidak proporsional,” katanya

“Dan sementara aku tidak akan mengatakan itu isyarat yang luar biasa, ada baiknya mereka melakukan sesuatu dan itu adalah langkah ke arah yang benar.” Tandas Sana

Kota New York adalah salah satu episenter terbesar dari pandemi virus corona di dunia, dengan 145.000 kasus tercatat, termasuk lebih dari 11.000 kematian.

Di Queens, New York – di mana lebih dari sepertiga kasus kota terjadi – pandemi telah melanda komunitas imigran dan orang kulit berwarna.

Pejabat kota mengharapkan krisis pangan menjadi lebih akut seiring pandemi berlanjut, dan diharapkan menyediakan setidaknya 10 juta makanan pada bulan April, dan 15 juta lainnya pada bulan Mei.

Baca Juga  Bintang Muda Indonesia Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Adik Ipar SBY

Walikota tidak memberikan perkiraan berapa biaya inisiatif seperti itu, tetapi bersumpah: “Tidak ada warga New York yang akan kelaparan. Kota Anda akan menyediakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *