FeaturedNewsPendidikan

Tips Berbelanja di Toko Online

647
×

Tips Berbelanja di Toko Online

Share this article

Di era digital ini, anda tidak perlu berdesak-desakan atau melakukan perjalanan jauh untuk membeli barang-barang yang anda butuhkan, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Cukup dengan jaringan internet yang lancar anda sudah bisa mendapatkan barang yang anda butuhkan, bahkan diantar sampai ke rumah anda. Simple dan praktis bukan?

Karena banyaknya kemudahan yang didapatkan dari belanja online, maka tren berbelanja ini semakin populer dan disukai. Namun sayangnya, semakin banyak orang yang bertransaksi dengan cara online kemudian membuat beberapa orang meamnfaatkan bisnis online ini untuk melakukan kejahatan dan mendapat uang dengan cara yang tidak benar. Banyak penipuan dan pemerasan yang berawal dari toko online yang menjual barang-barang dengan harga murah.

Oleh sebab itu, untuk mencegah kejadian penipuan menimpa diri anda, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat memutuskan berbelanja secara online. Apa saja yang harus anda perhatikan? Yuk simak beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghindari penipuan.

Cari tahu identitas penjual

Identitas penjual mutlak diketahui oleh calon pembeli agar tercipta rasa saling percaya antara pembeli dan penjual. Cari tahu alamat lengkap penjual, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan jika perlu, mintalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, lacaklah testimoni pembeli lain yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak testimoni bagus, maka toko online itu makin bisa dipercaya.

Baca Juga  Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Jangan tergiur harga yang terlalu murah

Toko online palsu sering menjebak konsumen dengan cara menawarkan harga yang teramat murah, jauh di bawah harga pasaran dengan dalih promosi.Harga produk yang terlalu murah patut dicurigai, apalagi bila yang mengeluarkan promosi adalah toko yang tak memiliki rekam jejak yang jelas.

Gunakan sistem COD

Selain membayar lewat transfer, transaksi dengan toko online bisa dilakukan dengan cara Cash of Delivery (COD) atau membayar saat barang sudah ada di tangan. Apabila kamu tinggal sekota dengan toko online itu, coba ajak ketemuan setelah kamu selesai memilih barang yang akan dibeli. Bila penjual menolak dengan ribuan dalih, maka segera tinggalkan lapak dagangannya.

Kenali produk

Pastikan produk yang dijual asli dan memiliki garansi. Mintalah kepastian dan jaminan soal informasi produk. Misalnya, Anda bisa meminta jaminan kalau produk tidak asli maka bisa dikembalikan saat itu juga. Cek kelengkapan yang ditawarkan penjual. Pastikan pula foto yang dipasang di situs adalah foto asli produk, bukan foto yang dicomot dari situs lain.

Baca Juga  Bridging Agricultural Gender Gap Perempuan Tani HKTI dalam Mendukung Kedaulatan Pangan & Pertanian Berkelanjutan

Cari tahu reputasi situs

Kalau anda hendak membeli barang lewat situs online, maka yang harus anda selidiki adalah reputasi penjualnya. Namun jika penjual mempunyai toko online sendiri, cek reputasi situs tersebut. Oiya selain itu situs toko online dengan reputasi bagus biasanya memiliki SEO yang bagus sehingga akan mudah ditemukan pada halaman pertama mesin pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *