FeaturedNewsPeluang Usaha

Tiga Hal Penting yang Harus Disiapkan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

462
×

Tiga Hal Penting yang Harus Disiapkan Pelaku UMKM di Masa Pandemi

Share this article

Jakarta – Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengungkapkan, berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, terjadi kenaikan omzet signifikan dari para pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan lokapasar (marketplace) daring selama masa pandemi. Sayangnya, UMKM yang sudah terhubung dengan lokapasar daring baru sekitar 13 persen.

“Pandemi Covid-19 jadi momentum trransformasi UMKM ke ekosistem digital,” ujar Teten dalam Webinar ‘Strategi Survival di Masa Covid-19’, Jumat 15 Mei 2020.

Selain Teten, webinar yang digelar oleh Universitas Padjadjaran ini menghadirkan tiga pembicara lainnya, yaitu Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, dan Ketua Umum Hipmi Mardani H. Maming.

Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan program digitalisasi UMKM. Namun, ada sejumlah tantangan yang mesti dihadapi. Teten menjelaskan, transformasi UMKM ke sektor digital tidak sekadar memanfaatkan akses internet, tetapi UMKM harus mampu menjaga suplainya.

“Kalau masuk ke market online pasar mereka berskala nasional. Ketika mereka tidak punya manajemen respons cepat atas banyak permintaan di pasar online, mereka akan kehilangan kredibilitas,” ujar Teten.

Baca Juga  Parlemen Filipina Setujui 1 Februari Sebagai Hari Hijab Nasional

Oleh karena itu, ada tiga hal penting yang harus disiapkan pelaku UMKM di masa pandemi, yaitu inovasi produk, inovasi usaha untuk menangkap peluang pasar yang ada, serta aspek digitalisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *