Jarang Diketahui Publik, Bob Hasan Ternyata Mualaf

0

Jakarta – Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Soeharto pada Kabinet Pembangunan VII, Bob Hasan meninggal dalam usia 89 tahun.

Almarhum meninggal dunia, Selasa (31/3/2020) pukul 11.00 setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto karena sakit kanker sejak 7 tahun silam.

mungkin tidak banyak yang tau, kalau tokoh terkenal itu terlahir dari keluarga non Muslim. Bob merupakan keturunan Tinghoa yang lahir di Semarang pada 24 Februari 1931. Sejak kecil Bob Hasan diasuh serta dijadikan anak angkat oleh Jenderal Gatot Subroto.

Ia terlahir dengan nama The Kian Seng, pada akhirnya ia memutuskan masuk islam dan berganti nama menjadi Mohammad Bob Hasan.

Setelahnyaa, dia menjalani sisa hidupnya sebagai seorang muslim hingga kematian menjemput. Pemakaman pun dilakukan sesuai dengan syariat islam walaupun beberapa kerabat mungkin menganut kepercayaan yang berbeda.

Cerita Perjalan Haji Bob Hasan

Ada cerita menarik yang didapat Bob Hasan ketika menunaikan ibadah haji pada tahun 1991. Saat itu Bob sudah berusia 60 tahun, cukup uzur fisiknya untuk bersaing dengan jemaah lain berebut mencium hajar aswad saat tawaf. Namun ternyata ia berhasil melakukannya.

Baca Juga  Nikah Siri Ditulis di Kartu Keluarga, Ini Komentar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

Menurut cerita sang istri,Partiwi Hasab yang ikut menunaikan Ibadah Haji bersama. Bob cukup pintar melihat suassana, ia tak mengikutiarus untuk memutar Kabah, tapi menyelinap masuk begitu ada sekat antar jemaah.

“tahu-tahu saya lihat ada batu hitam, dipinggirnya dilapisi perak. Oh ini hajar aswad, belum sempat mikir, kepala saya sudah didorong-dorong dari belakang, ya terus saya cium saja” ungkap Bob Hasan sebagaimana ditulis di majalah Tempo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here