Prawita GENPPARI Lakukan Pemetaan dan Pegembangan Pantai Karang Tawulan

0

Prawita GENPPARI Lakukan Pemetaan dan Pegembangan Pantai Karang Tawulan

“ Sebagai organisasi pegiat pariwisata, Prawita GENPPARI selama ini terus konsisten melakukan eksplorasi berbagai potensi wisata dan kemudian didorong secara aktif agar menjadi destinasi wisata. Dari satu daerah ke daerah lainnya, dari satu desa ke desa lainnya, Prawita GENPPARI terus mendedikasikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman di bidang kepariwisataan untuk melahirkan desa wisata – desa wisata baru. Semua lahir dari kesadaran sebagai anak bangsa yang tentu memiliki tanggung jawab moral terhadap kemajuan dan kejayaan negaranya “, ujar Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di Tasikmalaya, Selasa (12/10).

Hal tersebut ia sampaikan setelah melakukan eksplorasi dan pemetaan dalam pengembangan wisata pantai Karang Tawulan di kabupaten Tasikmalaya. Dirinya bersama rombongan tim dari DPP Prawita GENPPARI didampingi oleh tim dari DPD Prawita GENPPARI kabupaten Tasikmalaya (Kang Rizal), beserta tim media kreatif yang diisi oleh kelompok milenial yang inovatif. Sebelum berkunjung ke pantai Karang Tawulan, terlebih dahulu melakukan eksplorasi potensi wisata di desa Cikukulu kecamatan Karangnunggal, sekaligus melakukan saresehan wisata dalam rangka mendorong dan memotivasi pengembangan potensi wisata yang berada di desa tersebut.

Setelah selesai kegiatan di desa Cikukulu, rombongan melanjutkan perjalanan menuju pantai Pamayang di Cipatujah Tasikmalaya. Malam harinya berusaha menangkap udang di muara pantai dengan “Sirib” yang bisa dikenal dengan istilah “Nyirib Udang” dan selanjutnya dibakar di atas api unggun yang membara. Sambil menikmati keindahan suasana pantai dan ditemani ribuan bintang di langit, semua bisa menikmati suasana yang luar biasa. Selain terkenal akan keindahan pantainya, deretan pantai selatan kabupaten Tasikmalaya juga menawarkan pemandangan alam yang selalu dirindukan oleh setiap wisatawan yang pernah mengunjunginya.

Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu rekomendasi tujuan wisata bahari di Tasikmalaya. Pantai ini berlokasi di kawasan Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Letak pantai ini sangat strategis, karena dari sini bisa melanjutkan ke beberapa tujuan wisata lainnya baik pantai – pantai yang berada di Pangandaran, ataupun pantai – pantai yang berada di Garut Selatan.

Kemudian Dede juga menjelaskan bahwa keindahan yang ada di pantai Karang Tawulan ini seperti menggambarkan keindahan pantai yang ada di Tanah Lot, Kuta, dan Uluwatu di Bali. Bahkan panorama lautnya mirip dengan pantai Los Roques di Venezuela, pantai Palombaggia dan pantai Fakarava di Prancis, serta pantai Anse Source d’Argent di Seychelles. Apalagi penambahan fasilitas yang terus dikembangkan menghasilkan spot-spot foto instagramable sehingga pengunjung dibuat betah berlama-lama di pantai ini. Ujarnya.

“ Pantai Karang Tawulan juga merupakan tempat yang cocok untuk wisata keluarga, namun demikian para orang tua tentu harus selalu memperhatikan anak – anaknya mengingat kawasan pantai selatan pulau Jawa ini memang dikenal memiliki ombak yang cukup besar namun tampak semakin indah. Apalagi di pagi dan sore hari kita juga bisa menikmati sunset dan sunrise. Perlu diketahui juga bahwa selama masa pandemi, Pantai Karang Tawulan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya “, pungkas Dede.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here