PDSI Meresmikan Kampung Sehat Terpadu Pertamina dan Menyerahkan Mobil Sehat Siaga COVID-19

0

Jakarta, Timredaksi.com – PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) meresmikan Kampung Sehat Terpadu Pertamina dan menyerahkan Mobil Sehat Siaga COVID-19 pada hari Jumat, 6 November 2020, di Pesantren Persatuan Islam 69 Jakarta, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Peresmian dilakukan Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Kampung Sehat Terpadu Pertamina.

Disaksikan Muhammad Anwar dan Camat Matraman Andriansyah, Direktur Utama PDSI Budhi N. Pangaribuan juga menyerahkan Mobil Sehat Siaga COVID-19 kepada Yayasan Rumah Pena Matraman.

Dalam sambutannya Budhi mengatakan, Kampung Sehat Terpadu Pertamina dan Mobil Sehat Siaga COVID-19 merupakan bagian dari rangkaian program CSR-PDSI Peduli di sepanjang tahun 2020. Untuk tahun ini desain dan pelaksanaan program PDSI Peduli disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat yang tengah menghadapi pandemi COVID-19.

“Pelaksanaan seluruh program CSR-PDSI Peduli ini merupakan bentuk kontribusi dan upaya PDSI bersinergi dengan pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi meluasnya pandemi COVID-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya,” urai Budhi.

Budhi menambahkan, selain menciptakan perubahan besar di sektor kesehatan, pandemi juga menimbulkan permasalahan ekonomi di masyarakat. Oleh karenanya, program PDSI Peduli ditekankan kepada kegiatan yang tidak hanya mendukung perlindungan kesehatan selama pandemi COVID-19 tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Baca Juga  Penyakit Bawaan Ini Tak Bisa Dapatkan Vaksinasi Covid-19, Ini Daftarnya

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Kampung Sehat Terpadu Pertamina di antaranya penyuluhan kesehatan warga oleh kader Satgas COVID-19, penghijauan lingkungan dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kemudian pembuatan lumbung pangan akuatik dan area bercocok tanam dengan metode hidroponik, serta pengelolaan Rumah Literasi Warga.

Sementara di Mobil Sehat Siaga COVID-19, selain terdapat kegiatan penyuluhan kesehatan warga dan sosialisasi PHBS, juga tersedia pengobatan gratis dan layanan kesehatan masyarakat bekerja sama dengan puskesmas setempat. Secara berkala Mobil Sehat Siaga COVID-19 juga memberikan bantuan APD seperti baju hazmat, masker, dan alat kesehatan lain untuk masyarakat, serta mengadakan pendampingan pelayanan posyandu untuk balita dan lansia secara door to door.

Muhammad Anwar menyambut baik program Kampung Sehat Terpadu Pertamina dan Mobil Sehat Siaga COVID-19 dari PDSI. Menurutnya, pemerintah tidak akan sanggup tanpa bantuan masyarakat, BUMN, dan sektor swasta dalam mencegah dan menanggulangi COVID-19. “Dengan sinergi ini mari kita bangun Jakarta Timur lebih sehat dan lebih kuat,” jelasnya.
Seremoni diakhiri dengan peninjauan Kampung Sehat Terpadu Pertamina yang berlokasi di RT 01 RW 06, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Baca Juga  PPKM Diperpanjang Lagi, Ancaman PHK Pegawai Mal Makin Nyata

Program CSR Berkesinambungan
Dari awal pandemi muncul di Indonesia, PDSI langsung bergerak melaksanakan kegiatan-kegiatan CSR yang fokus kepada pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di lingkungan sekitarnya.

Di periode awal, PDSI membagikan ribuan alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat, masker, dan sarung tangan handscoon, kemudian sanitizer, cairan dan alat semprot disinfektan ke titik-titik di sekitar operasional perusahaan.

Setelah itu, PDSI juga memberikan bantuan berupa 2.800 paket sembako bagi masyarakat, baik yang berada di sekitar kantor pusat, kantor area, dan area-area pengeboran.

Di bulan September-Oktober lalu, PDSI kembali membagikan masker, baju hazmat, dan wastafel portable. Berbeda dengan sebelumnya, produk-produk yang dibagikan tersebut merupakan hasil produksi UMKM-UMKM binaan PDSI.

Selain pembinaan, untuk UMKM-UMKM ini PDSI juga memberikan pelatihan peningkatan keterampilan, salah satunya pelatihan pemasaran secara online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here