Kunjungan Ketua Pelaksana dan Tim Monev KKN Unsur Cianjur ke Desa Mekarsari

0

 

TIMREDAKSI.COM, CIANJUR – Tim kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Suryakancara (Unsur) Cianjur menggelar kunjungan sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Ke Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Selasa (09/08/2022).

Kegiatan dengan tema “Pengembangan Tanaman Hidroponik, Bina Desa Cerdas dan UMKM Kelompok KKN Mekar Sari” diikuti oleh 15 orang peserta KKN, 1 Dosen Pembimbing KKN dan 2 orang Tim Monev. Hadir pula Ketua Panitia KKN sekaligus Ketua LPPM UNSUR Dr. dr. Hj. Trini Handayani, dan tim monev Mumuh M. Rozi, MH., Sekretaris Desa Salman, SPd.I., dan DPL KKN Tini Kusmayati Dewi, M.Pd.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Dr dr Hj Trini Handayani memberikan pembekalan, akan pentingnya kegiatan KKN terkait dengan 12 program yang harus diterapkan oleh mahasiswa KKN di lapangan.

“Kegiatan KKN harus di publish dalam jurnal Abdi masyarakat sehingga diharapkan mahasiswa memiliki program unggulan masing-masing atau one student one program. Selain itu kegiatan KKN harus tepat guna sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Desa Mekarsari sehingga ada perubahan yang signifikan terkait kesejahteraan masyarakat di desa tersebut,” ucapnya.

Baca Juga  Airlangga: Hari Ini, 58 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksinasi

Hal senada disampaikan Ketua KKN, Azril mahasiswa Agribisnis FASTER UNSUR memaparkan, program-program yang telah dilaksanakan di Desa Mekarsari pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 mengunjungi 5 RW, rw 1, 5, 7, 8, 11 dan berkunjung ke wisata air Greendauwan.

“Berlanjut mengunjungi para ketua RW untuk bertanya potensi dan program-program yang ingin dibantu, giat vaksin booster di Gudang Alfamart dan mengikuti kegiatan doa akhir dan awal tahun dilanjut dengan pawai obor,” paparnya.

Ia menambahkan, kegiatan selanjutnya mengunjungi budidaya tanam hydroponik dan bertemu dengan pengelola wisata air Green Dauwan untuk membicarakan kepanitiaan tabligh akbar.

“Lalu mengikuti kegiatan apel pagi di kantor desa, memantau pemberian imunisasi di posyandu RW 04, memantau perlombaan kaligrafi dan mewarnai di DTA Nurul Fauziyyah, memantau imunisasi di posyandu RW 10, memantau perlombaan Fashion Show dan Adzan di DTA Nurul Fauziyyah, kerja bakti di Green Dauwan sebelum acara tabligh akbar dan dilanjut dengan shooting edukasi untuk desa, observasi untuk mengajar ke SD Sirnasari, membuat papan nama untuk UMKM yang jualan di tabligh akbar, memantau pembagian dana bantuan di desa dan mengikuti acara tabligh akbar di Green Dauwan,” paparnya.

Baca Juga  Diskusi Serial Deep Talk Indonesia Suguhkan Tema Menarik, Simak Keterangan Berikut

Sementara itu, Salman, S. Pd. I., selaku sekretaris desa, memberikan kata sambutan dan ucapan terima kasih atas kunjungan TIM Monev UNSUR ke Desa Mekarsari sebagai bentuk kepedulian dan antusiasme panitia terhadap mahasiswa mahasiswi KKN Desa Mekarsari.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan KKN di Desa Mekarsari akan memberikan dampak positif dan perubahan pola hidup masyarakat menjadi lebih baik dan lebih maju ke depannya baik dalam sektor ekonomi, pendidikan, sosial dan lingkungan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa-mahasiswi UNSUR selama ini, yang mengikuti KKN di Desa Mekarsari.

“Mahasiswa diharapkan melanjutkan program berkelanjutan diluar kegiatan KKN dalam rangka mengusung kurikulum Kampus Merdeka atau MBKM di Desa mekarsari,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here