FeaturedNews

GAMKI Gelar Seminar Kebangsaan Hari Lahir Pancasila: Pancasila Tidak Sekuler, Sesuai Dengan Ajaran Kristen

36
×

GAMKI Gelar Seminar Kebangsaan Hari Lahir Pancasila: Pancasila Tidak Sekuler, Sesuai Dengan Ajaran Kristen

Share this article

Timredaksi.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024, Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI) melalui Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) melaksanakan Seminar Kebangsaan dengan tema “Pancasila Dalam Perspektif Kristen”.

Kegiatan ini digelar secara hybrid dengan narasumber seorang penulis buku-buku kekristenan, Samuel Tumanggor.

Dalam paparannya Samuel menjelaskan bagaimana para pendiri bangsa, telah mendiskusikan tentang prinsip-prinsip Pancasila dalam Sidang Dewan Konstituante dan sangat sesuai dengan ajaran—nilai-nilai kekrisetenan.

“Prinsip-prinsip yang terkandung dalam Pancasila sangat sesuai dengan ajaran kekristenan” ungkapnya di Sekretariat DPP GAMKI, Menteng, Jakarta Pusat, 1 Juni 2024.

Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah juga bagian dari menjalankan ajaran agama.
“Ideologi Pancasila bukan lagi untuk diperdebatkan, tapi dijalankan dan diamalkan dengan sebaik-baiknya,” tegas Samuel.

Sementara itu, Ketua Bidang PIP DPP GAMKI Tongam Sinambela mengungkapkan bahwa, seminar dalam rangka memperingat Hari Lahir Pancasila menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca Juga  Ini Alasan India Tutup 700 Sekolah Islam

“Hal ini, kita lakukan mengingatkan semua pemuda, khususnya pemuda Kristen untuk dapat menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” tukas pria yang juga Akuntan dan Akademisi.

Seminar ini diikuti ratusan kader GAMKI se-Indonesia. Turut dihadiri tokoh pergerakan demokrasi Saut Sirait yang juga mantan Komisioner KPU RI, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat, dan sejumlah jajaran pengurus DPP GAMKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *