WSBP Cetak Laba Bersih Rp16 Miliar pada Triwulan I 2023

0

Timredaksi.com – PT Waskita Beton Precast Tbk (“WSBP”) berhasil mencatatkan Laba Bersih sebesar Rp16 Miliar sepanjang Triwulan I 2023, pencapaian tersebut meningkat 106% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Director of Finance & Risk Management WSBP, Asep Mudzakir, menjelaskan bahwa awal Tahun 2023 WSBP mencatatkan Pendapatan Usaha sebesar Rp367 Miliar atau meningkat 26% dibandingkan tahun lalu yaitu Rp290 Miliar. “Pendapatan usaha Triwulan I 2023 WSBP ditopang oleh capaian dari sektor precast sebesar 30%, Readymix 52% dan sektor Jasa Konstruksi 18%” jelas Asep. Sering pasca Restrukturisasi utang, WSBP menargetkan pada tahun ini terdapat peningkatan kinerja keuangan dan operasional.

Tetap sejalan dengan target Perusahaan yang akan dicapai pada Tahun 2023 pasca Restrukturisasi Persusahaan, WSBP juga berhasil membukukan laba kotor sebesar Rp58 Miliar atau naik 29% dibandingkan dengan capaian gross profit pada tahun lalu. “Seiring berjalannya proses kewajiban perusahaan kepada para kreditur, perusahaan terus menjaga kinerja keuangan WSBP tetap positif” ujar Asep.

Lebih lanjut, pada Triwulan I 2023 WSBP mencatatkan gross profit margin sebesar 16%. WSBP terus berupaya mengakselerasi kinerja produksi guna mendukung kinerja penjualan serta melakukan efisiensi dalam proses produksi. Sedangkan dari aktivitas arus kas operasi terdapat peningkatan pada penerimaan dari pelanggan sebesar Rp464 Miliar atau meningkat 73% dibandingkan denganTΥriwulan I Tahun 2022 yaitu sebesar Rp267 Miliar.

Baca Juga  Transportasi Maxim Kini Dapat Dinikmati Masyarakat Cianjur

Selain itu, WSBP juga telah membukukan total liabilitas sebesar Rp7,75 Triliun atau turun 4% dibandingkan dengan Tahun 2022 yaitu sebesar Rp8,06 Triliun.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan telah melakukan kewajiban sesuai dengan Perjanjian Perdamaian yaitu atas skema CFADS yang telah dilakukan pembayaran pertama kepada kreditur pada tanggal 27 Maret lalu.

Kinerja Operasional Perseroan pada Triwulan I 2023 juga ditopang dengan capaian kontrak baru yang diperoleh sampai dengan Maret 2023 sebesar Rp420 Miliar, atau meningkat sebesar 1.650% jika dibandingkan dengan tahun 2022 pada periode yang sama.

Kontrak Baru periode Maret 2023 tersebut ditopang dari pasar Internal grup Waskita 25% dan 75% berasal dari pasar eksternal.

Adapun juga pelanggan Perseroan sampai dengan periode Maret dengan Project Owner dari BUMN sebanyak 29% dan perusahaan swasta sebanyak 71%.

Beberapa proyek yang telah didapatkan oleh WSBP diantaranya adalah proyek Jalan IKN Jembatan Pulau Balang, Proyek Terminal LNG di Sumbawa dan Proyek Gedung Sekretariat Presiden di IKN.

Manajemen WSBP senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan terus kinerja keuangan maupun operasional pada Tahun 2023, diantaranya pendapatan usaha akan ditargetkan tumbuh 10-15% dan nilai kontrak baru ditargetkan meningkat sekitar 100-150% sampai dengan akhir Tahun 2023.

Baca Juga  DAMRI Layani Bus Angkutan Perkotaan Untuk Masyarakat Bandung, Trayek Cibiru - Leuwipanjang

“WSBP telah mencanangkan program transformasi bisnis dengan 3 pilar utama, yaitu Operational
Excellence, Business Nourishment, serta Technology & Digitalization,” jelas Asep. “Dengan
implementasi 3 pilar tersebut, kinerja WSBP ditargetkan dapat tumbuh secara berkelanjutan,” tutup
Asep.

Lebih lanjut, Manajemen juga terus
mengutamakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance guna dalam melakukan setiap kegiatan usaha yang dilakukan, serta tetap mematuhi peraturan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here