Ikuti Tren, Warga Mesir Beri Nama Kurma Ini “Corona”

0

Timredaksi.com – Orang Mesir dikenal suka memberi nama baru untuk berbagai jenis kurma. Selama dua tahun terakhir, warga mesir juga memberi nama kurma  kurma “Mohamed Salah”, bintang sepak bola Mesir yang bermain untuk Liverpool.

Tahun ini tidak berbeda. Satu jenis kurma, Corona, sekarang tersedia di pasaran seharga 25 pound Mesir per kilogram ($ 1,58).

“Kami terbiasa memberi nama baru untuk berbagai jenis kurma setiap tahun,” kata Ahmed Amin, seorang pedagang di pasar grosir di Moqattam seperti dikutip dari laman Arab News, Jumat (17/4/20).

“Nama-nama biasanya yang sedang trendi. Satu tahun belakang, (Mohamed) Aboutrika, mantan superstar sepakbola Mesir, menjadi tren. Tahun-tahun lain, aktor Mesir Mohamed Ramadan menjadi tren. Di waktu lain ada penari perut Sofinar dan bintang pop Shakira.” Lanjutnya.

Amin mengatakan bahwa para pedagang juga menyebutkan kurma mereka dengan aktris Mesir Laila Elwy dan El-Shabah serta memberikan nama-nama lain yang dipercaya para pedagang menarik banyak pelanggan.

Amin mengatakan bahwa Corona adalah nama yang paling signifikan hingga saat ini karena virus corona, tidak hanya di Mesir tetapi juga di seluruh dunia.

Baca Juga  Ramai Bahas RUU HIP, Mahmud MD Tegaskan Pelarangan Komunisme di Indonesia Sudah Final

Dia tertawa ketika dia mengatakan bahwa pelanggan membeli kurma Corona dalam jumlah besar, menunjukkan bahwa pelanggan juga merasa terhibur ketika mereka membelinya.

Mohamed Kamal, manajer pasar yang berafiliasi dengan Perusahaan Kompleks Konsumen Al-Ahram milik negara, mengatakan: “Sejumlah besar kurma Ramadan sekarang ada di rak sementara jumlah besar lainnya tetap tersimpan.” ujarnya

Dia mengatakan bahwa 200 kg kurma kering tersedia di pasar dengan harga mulai dari 11 hingga 16 pound Mesir.

“Jenis kurma kering yang bagus harganya 26 pound per kilo. Sedangkan untuk kurma setengah kering, mereka dijual dalam paket 700 gram seharga 15 pound dan paket 400 gram seharga 30 pound. ”

Kamal menyebut kurma yang setengah kering itu sebagai “best-seller.”

Menjelang Ramadan, Kamar Dagang di Kairo menerbitkan daftar harga untuk kurma. Tetapi Kamal mengatakan daftar itu menunjukkan banyak perbedaan dalam biaya kurma. Kurma Ebrimi berkisar antara 12 hingga 22 pound per kilo. Harga kurma Suriah berkisar antara 6 hingga 16 pound per kilo.

Baca Juga  Kementerian PUPR Tingkatkan Kinerja Dukungan Manajemen Dengan Teknologi Informasi

Kurma Ghazal putih mencapai antara 11 hingga 23 pound per kilo. Kurma Merkaby harganya mulai dari 6 hingga 18 pound. Kurma Ayenat berkisar antara 11 hingga 23 pound. Kurma alban berkisar antara 12 hingga 24 pound. Tanggal bangsal tercatat 11 hingga 25 pound. Kurma Bertmoda adalah antara 15 hingga 25 pound. Tanggal butik terdaftar antara 15 hingga 25 pound. Kurma Aswani berdiri di 6 hingga 16 pound. Kencan El-Gondeila adalah 15 hingga 25 pound. Dan kurma Qarn El-Ghazal dijual dengan harga antara 20 hingga 35 pound per kilo.

Terlepas dari label kurma “Corona”, pedagang pasar juga telah memperkenalkan slogan “No Corona di antara kita,” dalam melawan virus corona dengan mengenakan sarung tangan dan masker wajah, sambil berusaha menjaga jarak dan menghindari keramaian. Mereka menggarisbawahi tekad mereka untuk tetap terbuka agar mendapat penghasilan tetap.

Dan mereka menambahkan satu lagi refrain: “Ramadhan tidak lengkap tanpa kurma.” Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here